Rabu, 19 September 2012

Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi Sebelum Masa Hamil


“Tambal gigi berlubang agar lekas hamil” Pernahkah Anda mendengar nasihat ini sebelumnya?
Memang belum ada kebenaran yang benar-benar pasti mengenai hal ini, namun beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan gigi dan gusi dengan kesehatan rahim. Bahkan ada penelitian yang pernah menunjukkan bakteri yang sama dengan bakteri yang terdapat pada lubang gigi ditemukan di rahim dan saluran telur. Beberapa dokter kandungan juga meyakini kebenaran ini dan menyarankan para pasien untuk menutup lubang giginya bila ada.
Pada saat hamil, calon Mama memang diharapkan untuk sebisa mungkin menghindari pemberian antibiotik, anestesi (pemberian obat bius) gigi, dan pengambilan foto Rontgen. Jika calon Mama mengalami gigi berlubang pada saat hamil, tentu hal tersebut akan menjadi dilema besar.
Di saat hamil, hormon-hormon calon Mama akan meningkat, kebiasaan makan yang berubah dan munculnya rasa mual akan sangat berpengaruh pada keadaan rongga mulut calon Mama. Keluhan yang paling sering muncul adalah gusi bengkak dan mudah berdarah akibat peningkatan dari hormon-hormon yang ada dan lubang gigi. Kadang disertai dengan keluahan tambahan akibat penyakit gigi yang sudah ada sebelumnya dan mulai menimbulkan keluhan di saat kehamilan.
Jadi memang ada baiknya, saat Anda merencanakan kehamilan, saat itu pula Anda segera memeriksakan kesehatan gigi dan gusi. Yang pasti, saat hamil nanti Anda ingin memiliki senyum yang sehat dan indah pula bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar